Strategi Penjualan: 5 Trik Mengelola Review Online yang Sebaiknya Dicoba!

review online

Saat ini 92 persen konsumen senang membaca reviews online, sementara itu bisnis bisa mengandalkan reviews tersebut untuk membangun kepercayaan dan mengelola merek mereka. Namun, ketika bisnis mulai menyadari pentingnya reviews online, sebagian besar bisnis masih ada yang menggunakan reviews secara tidak optimal, menghabiskan uang untuk layanan yang tidak perlu.

Berikut adalah lima tips yang bisa kamu coba untuk bisnismu dalam memenangkan pelanggan baru dengan reviews online.

1. Membuat halaman reviews yang komprehensif

Ketika konsumen meneliti bisnis baru, hal pertama yang sering mereka lakukan adalah mencari di Google dengan nama merek ditambah kata-kata “reviews” atau “complaints”. Hasil awal pencarian bisa menentukan bagaimana pelanggan baru berpikir tentang bisnismu. Inilah sebabnya mengapa kamu harus memastikan bahwa bisnismu memiliki halaman reviews berkualitas yang berada di urutan teratas pada mesin pencari.

Halaman review harus berisi sebanyak mungkin review yang bisa kamu kumpulkan. Dari 55.000 review pada bisnis SiteJabber, bisnis dengan lebih dari 1.000 review memiliki rating 18 persen lebih tinggi. Selain itu, semakin banyak review yang kamu dapatkan dapat menjadi penyeimbang ketika bisnismu mendapatkan review negatif.

Selain review, kamu bisa menceritakan kisah unik tentang bisnismu dengan rincian deskripsi, foto dan video didalamnya. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menambahkan call to action ke halaman review untuk memaksimalkan jumlah lead.

2. Tampilkan review positif di situsmu

Setelah membangun halaman review, gunakan halaman tersebut untuk meningkatkan penjualan di website dengan review widget dan trust seals. Tools ini membangun kepercayaan pengunjung ke websitemu, diluar apa yang dapat dicapai dengan testimonial atau Facebook like.

Review widget dapat digunakan untuk menampilkan jumlah rating, jumlah review dan contoh review positif. Platform review pihak ketiga ini dapat membawa dampak yang signifikan di mata calon pelanggan. Review widget sangat efektif jika ditempatkan pada homepage, sedangkan trust seals paling efektif ditempatkan dalam footer, header, halaman check-out atau pendaftaran funnels.

3. Menanggapi review negatif secara cepat dan profesional

Review negatif bisa menyakitkan untuk bisnis apapun. Bahkan untuk alasan pelanggan yang tidak masuk akal, hal itu tetap penting untuk segera di respon secara profesional. Menanggapi reviews negatif secara sopan, personal dan berguna dapat dengan cepat merubah review bintang satu menjadi apresiatif review bintang lima dan itu bisa membantumu memenangkan hati pelanggan. Jika kamu berfikir bisa menyelesaikan keluhan pelanggan dengan mengirim pesan secara pribadi selain respon publik, itu juga sebuah solusi yang baik.

Setelah reviewer merasa puas, tanyakan dengan sopan apakah review dapat menyelesaikan masalah. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa 95 persen pelanggan yang tidak senang akan kembali lagi jika masalah dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. Perlu diingat bahwa respon publik akan diteliti dengan hati-hati oleh ribuan pelanggan potensial lainnya. Jadi, ketika Anda tidak dapat menyelesaikan setiap review buruk, mereka pelanggan potensial akan melihat bagaimana profesionalisme dan komitmenmu untuk menyediakan layanan yang sangat baik, yang dapat memenangkan bisnis barumu.

Meskipun banyak perusahaan takut akan review negatif, ternyata konsumen justru lebih percaya dengan kombinasi review positif dan negatif. Pada SiteJabber, bisnis dengan 10 sampai 30 persen review negatif menerima lebih dari 10 kali leads lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis mendapatkan hampir semua review bintang lima. Penelitian juga menunjukkan 68 persen konsumen lebih percaya review ketika mereka melihat kedua review positif dan negatif.

4. Gunakan kelemahanmu untuk keuntungan

Kami telah menemukan bahwa review bisnis yang baik tidak takut dengan kelemahan mereka. Sebaliknya, mereka menggunakan kelemahan mereka sebagai sebagai taktik pemasaran.

Misalnya, jika kamu memiliki bisnis kecil, kamu mungkin menjelaskan bahwa tokomu selalu melakukan yang terbaik, termasuk pengiriman yang tepat waktu. Akan tetapi, terkadang ada beberapa hal kecil yang menyebabkan pengiriman sedikit mengalami keterlambatan, disini kamu harus menjelaskan kepada pelanggan tentang alasan keterlambatan tersebut diawal. Dengan cara itu, ketika kamu mengirimkannya tepat waktu, akan membuat pelanggan terkejut, dan merasa senang.

Menjalankan bisnis secara transparan sejak awal akan jauh lebih baik, karena pelanggan cenderung lebih pemaaf, loyal dan sangat mungkin untuk menulis review positif.

5. Menanggapi setiap review

Di SiteJabber, bisnis yang merespon setiap review mendapat nilai 86 persen lebih tinggi daripada rata-rata yang tidak merespon. Publik berterima kasih kepada semua reviewers, terlepas dari bagaimana mereka menilai bisnismu, tunjukkan kepada pelanggan yang ada dan pelanggan potensial bahwa kamu peduli tentang masalah pelanggan dan tunjukkan bahwa kamu tidak hanya menangani masalah ketika mendapat review negatif.

Kami telah menemukan bahwa konsumen yang cerdas bisa dengan mudah mengidentifikasi keterlibatan pelanggan dan menghargai lebih banyak bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *