Prep Toko Onlinemu? Coba gunakan Jasa Seleb

lbsMain

Memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. Meniti segalanya berawal dari bawah, akan membutuhkan usaha yang ekstra dan sungguh-sunggu agar bisa sampai ke atas. Para pengusaha berhasil sebelum kamu, pasti telah mengalami jatuh bangunnya bergelut dalam usaha-usaha mereka. Dan dalam memulai usaha, timing yang pas adalah hal krusial. Penempatan usaha di waktu yang tepat ini bagaikan sebuah keberuntungan yang luar biasa. Layaknya kamu telah berancang-ancang dan mengatur strategimu, kemudian benar-benar menemukan spot yang pas untuk meletakkannya. Hal ini pernah dialami oleh salah satu brand tato, Flash Tattoos, ketika akhirnya mereka sukses menggaet Beyoncé untuk berkolaborasi. Wow!

“Kami merasa sangat bersemangat mengenai kolaborasi ini. Bukan hanya karena dia adalah idola kami, namun karena hubungan kerja sama yang terbangun juga terjadi secara sangat natural dan menyenangkan. Beyoncé juga ternyata memang penggemar tato Flash, bahkan jauh sebelumnya.” Ungkap Kirsten Stoddard, Manajer Pemasaran dan PR Flash Tattoos.

Jal lain yang mesti diperhatikan dalam kasus keberhasilan tadi adalah bahwa pekerjaan bisnis online bukan hanya di depan layar, saat produknya sudah jadi. Namun juga berada di belakang layar, mempersiapkan dan memastikan bahwa sukses besar seperti ini tidak malah membawa hal negative—mislanya waktu membuka website yang menjadi lamban. Sehingga memang bersama keberhasilan besar, maka persiapan besar juga harus ada.

Persiapan Lonjakan Pengunjung

“Ketika berlangsung even-even media, biasanya akan terjadi lonjakan pengunjung di setiap website, entah itu karena dorongan rasa penasaran dari mereka tau memang ada yang benar berniat membeli, intinya adalah bahwa perusahaan harus bisa memastikan system mereka tidak down, dan mumpuni dalam membendung lonjakan tersebut. Jangan sampai keuntungan yang harusnya mereka dapatkan dari even, malah hilang untuk menangani hal itu,” ucap Liam Garcia, manajer akun Flash Tattoos. Bagi Flash Tattoos, usaha online yang biasanya menerima 200,000 pengunjung per bulannya, terjadinya penundaan dalam waktu buka website akan sangat berimbas pada pengunjung. Mereka bisa saja berpindah ke kompetitor lain—walaupun kamu melaunching barang besar—namun tetap saja lama. Pengunjung anti untuk menunggu lama.

Ganjaran dari Downtime

Data mengatakan bahwa sebaiknya para pengusaha online tetap mempersiapkan penanganan terhadap kemungkinan burruk yng akan terjadi, misalnya downtime. Karena ternyata permasalahan downtime ini bisa menyedot banyak biaya. Misalnya seperti yang ditawarkan oleh platform yang berbasis cloud, mereka memang memberikan uptime hingga 99%, namun sama saja ketika malah waktu downtimenya adalah 7 jam dalam setahun. Selain itu terjadinya downtime pada website juga dapat disebabkan oleh lonjakan pengunjung yang terlampau signifikan, terlepas website tersebut menggunakan platform berbasis cloud atau tidak.

Adapun kerugian yang disebabkan oleh downtime meningkat 54% sejak 2010 hingga 2013. Kerugian ini bukan hanya karena penjualan yang menurun namun juga karena hilangnya kepercayaan konsumen dan terbentuknya citra negative perusahaan. Banyak pengusaha yang melupakan bahwa bisnis onlinepun akan berjalan yakanya bisnis di dunia nyata, kesan pertama akan selalu membekas di konsumen. Nah, bayangkan jika kamu berada di posisi sebuah brand yang hendak meluncurkan produk besar dengan tokoh utama Beyoncé—namun, tokomu belum terkenal. Nah, kamu harus bisa membayangkan lonjakan-lonjakan yang akan datang.

Adapun yang dilakukan oleh pihak Flash Tattoos adalah meningkatkan hingga 10 kali lipat kapasitas kunjungan dari normalnya.

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi masalah serupa :

Mulai Lebih Awal

Adalah nilai tambah bagimu, jika kamu bisa merencanakan mengenai siapa saja partner kerjasama yang akan kamu gandeng—beserta brainstorming bagaimana pelakanaannya nantinya.

Rencanakan untuk yang Terbaik, Persiapkan untuk yang Terburuk

Bukannya tidak mungkin bahwa kamu akan menemui permasalahan-permasalahan di perjalanan bisnismu. Tapi tidak perlu khawatir melangkah, kamu harus tetap komitmen dan konsisten dalam menghasilkan ide-ide kreatif. Bahkan mimpi burukpun akan berakhir ketika kamu terbangun di pagi hari, bukan?

Jadilah Fleksibel!

Tidak aka nada yang statis di bisnis online. Pasar berubah-rencana berubah-program berubah-aturanpun berubah. Pastikanlah bahwa kamu cukup lentur untuk menyesuakian diri dengan keadaan.

Pada akhirnya, setiap kolaborasi yang mungkin kamu rencanakan haruslah hati-hati, jangan sampai ujungnya membawa rugi. Di dalam tahap pertumbuhan bisnis, kesalahan penanganan dalam hal ini bisa saja secara spontan menghentikan bisnismu di tengah jalan. Kolaborasi yang kamu rencanakan harus membawa hasil dan keuntungan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *