Masih Kurang Yakin Dengan Websitemu? Cek Dengan 10 Tools Ini!

tools

Apakah kamu sedang mencari tools gratis untuk menguji websitemu? Jika iya, berarti kamu berada di tempat yang tepat.

Saat ini, ada berbagai macam tool gratis yang tersedia di internet yang dapat membantu kita untuk menguji apakah sebuah website telah sesuai standar atau belum.

Dari berbagai macam tools ini, ada tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan download, tes kegunaan, memonitor pola traffic, menemukan link yang rusak, mengevaluasi mesin pencari, kompatibilitas browser, dan menentukan mobile-friendliness. Selain menemukan kesalahan pada website, banyak tools yang juga menawarkan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Berikut adalah 10 tools gratis untuk menguji website.

1. W3C Markup Validation

Markup VAlidator adalah tool gratis dan layanan yang digunakan untuk memvalidasi markup. Sebagian besar dokumen web saat ini ditulis menggunakan bahasa markup, seperti HTML atau XHTML. Validator membandingkan dokumen HTML pada websitemu untuk mendefinisikan syntax dari HTML dan melaporkan setiap perbedaan.

2. W3C Link Checker

Alat ini mencari masalah pada link, anchors dan obyek yang dirujuk dalam sebuah halaman web, CSS style sheet atau secara rekursif pada seluruh situs.

3. W3C Feed Validation Service

Ini adalah layanan W3C Feed Validation, layanan gratis yang memeriksa syntax Atom atau RSS feed.

4. W3C mobileOK Checker

Tool ini melakukan berbagai tes pada halaman web untuk menentukan tingkat mobile friendly. Tes akan mendefinisikan spesifikasi mobileOK Basic Test 1.0.

5. YSlow

YSlow bekerja untuk menganalisa halaman web. YSlow merangkum semua komponen halaman, menampilkan kinerja, dan menyediakan tool untuk analisis.

6. Dr. Watson

Dr. Watson merupakan layanan gratis untuk mengalisa halaman web. Masukkan URL webmu dan Watson akan mendapatkan salinan langsung dari web server. Watson juga dapat memeriksa banyak aspek lain dari situsmu, termasuk validasi link, kecepatan download, kompatibilitas mesin pencari, serta popularitas link.

7. Pingdom Website Speed Test

Pingdom Website Speed Test merupakan layanan yang menganalisis kecepatan load website dan menunjukkan solusi untuk membuatnya lebih cepat. Pingdom melihat dari ukuran file, load time, dan rincian lainnya tentang setiap elemen tunggal dari halaman web untuk mengidentifikasi apa saja yang menghambat performa website.

8. Browsera

Layanan ini merupakan tool untuk menguji dan melaporkan perbedaan layout dan kesalahan scripting website pada berbagai macam browser. Kesalahan JavaScript dari masing-masing browser dikumpulkan dan dilaporkan setelah pengujian selesai. Browsera merupakan layanan premium, tapi memiliki versi gratis yang terbatas hanya 25 halaman untuk 1 pengguna.

9. Browser Shots

Browsershots bisa membuat screenshot desain web di sistem operasi dan browser yang berbeda. Layanan ini merupakan layanan open source online gratis untuk menguji kompatibilitas browser di satu tempat. Ketika kamu mengirim alamat webmu, komputer yang terdistribusi akan membuka websitemu di browser mereka, mengambil screenshot dan menguploadnya.

10. Web Page Analyzer

Layanan ini digunakan untuk tes kecepatan situs dalam meningkatkan kinerja website. Masukkan URL webmu untuk menghitung ukuran halaman, komposisi dan waktu download.

Itulah 10 tool gratis yang dapat kamu gunakan untuk menguji websitemu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *