Kini Instagram Memuat Hingga 10 Foto Dan Video Dalam Single Post

instagram-carousel-1

Baru-baru ini Instagram resmi memperkenalkan fitur baru bagi pengguna untuk berbagi beberapa foto dan video dalam single post. Bagi para pengguna Instagram yang memiliki banyak followers, sekarang tidak usah bingung lagi untuk memilih foto terbaik yang akan di post. Pengguna yang memperbarui iOS atau aplikasi Android ke versi 10.9 sekarang dapat menggunakan fitur terbaru ini. Konsep fitur ini diambil dari konsep album foto yang memungkinkan orang-orang untuk melihat berbagai foto dari sebuah acara atau kejadian. Jadi, pengguna Instagram tidak perlu memenuhi feed followers, namun mereka tetap bisa melihat berbagai foto-foto yang diambil. Fitur baru ini dijuluki “Carousel”.

Fitur baru ini menampilkan postingan foto dalam bentuk slideshow. Jadi, pengguna bisa melihat foto atau video yang diunggah dengan menggeser layar ke kanan. Foto dan video yang diupload dengan fitur Carousel ini ditandai dengan blue dots atau titik-titik biru di bawah postingan. Blue dots menunjukkan jumlah foto yang diupload dalam postingan tersebut.

Fitur ini cukup membantu dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Di Instagram versi 10.9, saat Anda akan mengupload gambar atau video dari roll kamera, maka Anda akan melihat sebuah ikon baru untuk memilih beberapa foto dan video. Setelah Anda mengklik ikon tersebut, Anda dapat memilih hingga 10 foto atau video untuk diposting bersama-sama dalam sebuah single post. Gambar dapat disusun kembali dan ditata sesuai dengan yang diinginkan (baik secara individu atau sekaligus) di layar editing. Anda dapat menekan atau menahan gambar untuk mengubah urutan, menerapkan filter untuk semua gambar sekaligus atau mengeditnya satu per satu. Selanjutnya Anda dapat mempostingnya ke akun Anda. Postingan ini memiliki caption tunggal untuk saat ini.

Seperti yang pihak Instagram sampaikan dalam blognya, fitur ini sangat membantu pengguna yang kebingungan karena harus memilih foto terbaik saat hendak mengunggahnya. Inovasi ini pun bisa menjadi alternatif kreativitas pengguna ketika mengunggah lebih dari satu postingan dan merangkainya layaknya sebuah cerita. Sebelum merilis fitur Carousel ini, Instagram juga telah membuat gebrakan yang tidak kalah sukses. Sosial media untuk berbagi foto dan video ini sebelumnya melakukan beberapa inovasi dengan merilis sejumlah fitur seperti Instagram Stories dan Instagram Live. Bahkan kabarnya, Instagram Stories diklaim telah sukses mengantongi 150 juta pengguna aktif per harinya.

Melalui fitur Carousel ini, sejumlah jenis postingan mampu mendapatkan keuntungan yang lebih baik, misalnya seperti:

  • Tutorial dan DIY (Do It Yourself)

Dalam postingan yang biasanya lebih detail seperti tutorial dan proses DIY, mereka dapat memperoleh keuntungan dari fitur terbaru ini. Baik itu tutorial make up, dekorasi, prakarya, dan sebagainya. Dengan disertai gambar dan video di setiap proses, akan lebih membantu dalam menjelaskan tutorial tersebut.

  • Kegiatan Travelling

Saat Anda berwisata pasti akan mengambil foto maupun video sebanyak-banyaknya. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengupload foto dan video destinasi terbaik dengan lebih banyak tentunya. Pengguna juga dapat mengelompokkan berdasarkan jenis destinasi wisata yang didatangi. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengganggu feeds orang lain karena semua ada dalam satu postingan.

  • Resep Dan Makanan

Instagram Carousel adalah fitur sempurna untuk blogger makanan dan foodies. Fitur ini akan membuat kemudahan dalam berbagi resep, terutama resep yang lebih terperinci. Pengguna tidak perlu lagi menyingkat seluruh resep ke dalam satu foto atau video. Pengguna dapat menggunakan beberapa gambar atau video untuk membuat langkah demi langkah dari proses memasak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *