Influencer Dalam Pemasaran Di Sosial Media

Anda mungkin mengetahui bahwa 20-50% keputusan dalam melakukan pembelian dipengaruhi oleh kata-kata dan rekomendasi dari orang lain. Hal ini menjadi bentuk pemasaran yang paling berharga, apalagi jika rekomendasi tersebut berasal dari orang yang dihormati dan dipercaya. Bahkan, penelitian dari Twitter menunjukkan bahwa 49% konsumen mencari tahu untuk melakukan pembelian dari influencer di sosial media. 40% dari konsumen tersebut mengatakan bahwa mereka telah melakukan pembelian sebagai akibat langsung dari pengaruh influencer.

Apa itu Influencer?

Influencer adalah seseorang yang memberikan pengaruh bagi orang lain di sosial media. Bentuk pengaruhnya bervariasi dan tidak ada dua influencer yang sama. Influencer dapat berasal dari kalangan selebriti, namun di era digital seperti sekarang, siapa saja dapat menjadi influencer dalam berbagai segmen pasar tertentu.

Bagaimana Menemukan Influencer Yang Tepat Untuk Pemasaran Di Sosial Media?

Sebelum menjangkau influencer sosial media yang potensial, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut :

  • Relevansi: Influencer akan menjadi potensial bagi bisnis Anda jika mereka berbagi konten dan mengembangkan sesuatu yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, mereka perlu memiliki segmen pasar tertentu sesuai yang Anda targetkan.
  • Jangkauan: Influencer juga perlu memiliki jumlah orang yang berpotensi mengikuti bisnis Anda dan memberi nilai lebih dalam pemasaran Anda.
  • Resonansi: Tingkat keterlibatan influencer dapat mempengaruhi pelanggan dalam mengikuti bisnis Anda.

Saat menentukan apakah influencer cocok untuk ketiga hal di atas, Anda juga perlu bertanya kepada diri sendiri mengenai pertanyaan penting berikut:

Siapa Orang Yang Ingin Anda Pengaruhi?

Anda perlu mengetahui bahwa influencer tidak bisa mempengaruhi semua orang disegala jenis strategi pemasaran. Hal ini membutuhkan fokus besar dan pemahaman yang jelas tentang tujuan dan audiens Anda. Anda harus memikirkan target audiens yang ingin dijangkau dengan menggunakan influencer sehingga usaha Anda tidak akan sia-sia.

Siapakah Pelanggan, Prosek, Dan Komunitas Terpercaya Anda?

Bagi para pemasar, persyaratan utama adalah kepercayaan. Audiens Anda harus percaya dan menghormati pendapat influencer yang bekerjasama dengan Anda. tanpa komponen kepercayaan, maka influencer tidak akan memberikan dampak yang nyata dalam bisnis Anda. begitu pula prospek yang Anda ambil dalam bisnis. Prospek harus memiliki gagasan yang jelas mengenai siapa yang Anda pengaruhi, mengambil langkah ekstra, dan berfikir mengenai influencer yang mampu menjadi sumber informasi yang berarti bagi audiens Anda.

Perlu diketahui juga bahwa demografi pelanggan Anda memainkan peran utama dalam menentukan influencer yang akan diajak bekerjasama. Data dari Twitter menunjukkan bahwa orang yang berusia 45 ke atas memilih selebriti yang terkenal pada zamannya untuk menjadi influencer yang disukai, sedangkan generasi milenial lebih cenderung memilih pembuat konten digital sebagai influencer.

Influencer Menjadi Teknik Pemasaran Terbaik

Influencer menjadi semakin penting di sosial media, dan eksistensinya semakin banyak diakui. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun hubungan baik dengan influencer dalam jangka panjang:

  1. Menjangkau Perlahan

Setelah Anda mengidentifikasi influencer yang ingin dijadikan mitra bisnis, selanjutnya Anda bisa menjangkau mereka dengan perlahan misalnya membaca konten mereka atau menghubungi mereka langsung melalui livechat, dll.

  1. Memutuskan Nilai Yang Tepat

Anda harus berfokus tidak hanya pada nilai yang akan Anda dapat dari influencer, namun juga nilai yang bisa didapat oleh influencer dari bermitra dengan Anda. Nilai tidak hanya berarti kompensasi finansial, namun juga manfaat yang dirasakan baik untuk Anda dan influencer.

  1. Melakukan Dengan Konsisten

Kerjasama antara Anda dan influencer harus mampu menampilkan sesuatu yang konsisten dan tidak memberi dampak buruk terhadap bisnis masing-masing. Buatlah kerjasama yang senada dan sesuai dengan tujuan sehingga mampu meningkatkan pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *