Cara Menambahkan Beberapa Akun di Instagram

Instagram akhirnya mengusung salah satu fitur yang paling sering diminta oleh pelanggannya, yaitu fitur untuk mengelola beberapa akun di Instagram (Multiple Instagram Accounts). Pengguna Instagram kini dapat menambahkan beberapa akun dalam satu aplikasi Instagram yang sama. Selain itu, fitur ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk beralih dari satu akun ke akun lainnya. Kini Anda pun tidak perlu menggunakan aplikasi Instwogram untuk menggunakan dua akun Instagram secara bersamaan.

Fitur ini pertama kali dilaporkan pada bulan November 2015 oleh anggota pengujian di Instagram yang resmi untuk Android. Selanjutnya, pada tanggal 3 Februari 2016, beberapa pengguna iOS sudah bisa mengaksesnya. Pada tanggal 8 Februari 2016, Instagram mengumumkan bahwa fitur accounts switching (berpindah akun) sekarang tersedia pada platform sebagai bagian dari Instagram versi 7.15 untuk iOS dan Android.

Cara Menambahkan dan Mengelola Beberapa Akun di Instagram

Tidak semua orang memiliki akses untuk menjalankan fitur Multiple Instagram Accounts. Cari tahu apakah Anda salah satu orang yang sudah bisa mengaksesnya dan pastikan Instagram Anda adalah aplikasi dengan versi yang terbaru. Jika Anda sudah memiliki fitur ini, maka berikut adalah cara menambahkan akun di Instagram:

  1. Kunjungi profil Anda dan pergi ke ‘Settings’ (simbol gear di sudut kanan atas). Kemudian arahkan ke bawah opsi pengaturan dan pilih menu ‘Add Accounts’. Pilihan menu ini muncul di antara pilihan ‘Clear History Search’ dan ‘Log Out’. Jika Anda tidak menemukan pilihan ‘Add Accounts’ pastikan Anda telah memperbaharui Instagram ke versi 7.15 yang sudah tersedia.
  2. Masukkan info untuk akun yang ingin Anda tambahkan yaitu username dan passwordnya. Setelah itu Anda sudah siap untuk mengelola beberapa akun Instagram. Cukup mudah bukan?
  3. Setelah Anda sudah bisa menambahkan beberapa akun di Instagram (baik dua akun, tiga akun, atau bahkan empat), ikon profil di menu bar kiri bawah (samping ‘Activity’) akan berubah dari siluet seseorang menjadi sebuah gambar profil Anda. Untuk beralih di antara akun yang berbeda, Anda bisa menekan nama akun di bagian atas profil, dan selanjutnya akan muncul pilihan akun mana yang ingin dimasuki. Setelah Anda pilih, maka akun secara otomatis akan berpindah ke akun yang telah dipilih.
  4. Selain cara di atas, Anda juga bisa berpindah akun secara lebih cepat dengan menekan lama pada tombol thumbnail pada pojok kanan bawah (tombol profil).

Perlu diingat bahwa semua notifikasi pada akun yang sudah login akan tetap muncul pada perangkat iOS atau Android Anda. Jadi, jika Anda merasa terganggu dengan notifikasi tersebut, Anda bisa menonaktifkan notifikasi pada masing-masing akun secara tersendiri. Itu tadi adalah cara menambahkan dan mengelola beberapa akun di Instagram. Kini, Anda dapat menjalankan beberapa akun hanya dengan satu aplikasi Instagram. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *