Cara Membuat, Mengelola, Serta Mengukur Kesuksesan Kontes Twitter

Sekarang ini, untuk mengembangkan sebuah bisnis dapat menggunakan media sosial. Melalui media sosial kita dapat membuat kontes atau perlombaan dengan hambatan yang rendah namun memberikan dampak positif terhadap bisnis. Salah satu media sosial yang dapat dengan mudah digunakan untuk kontes adalah Twitter. Artikel ini akan mencakup semua hal yang perlu diketahui dalam menjalankan kontes di Twitter. Mulai dari menetapkan tujuan, membuat, mengelola, hingga mengukur keberhasilan dari sebuah kontes.

Menetapkan Tujuan untuk Kontes

Kontes Twitter merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan followers Anda. Melalui tujuan kontes yang sesuai, akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi bisnis Anda namun juga bagi para followers. Tujuan dari kontes dapat dibuat berdasarkan spesifikasi bisnis. Misalnya untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran pemasaran, mempromosikan peluncuran produk, hingga mengarahkan lalu lintas web.

Memilih Jenis Kontes Twitter yang Terbaik

Jenis Kontes yang sesuai dengan bisnis akan sangat membantu dalam mencapai tujuan. Berikut beberapa ide kontes di Twitter:

  1. “RT dan Follow” untuk memenangkan kontes

Ini merupakan jenis kontes yang paling populer diadakan di Twitter karena kemudahannya. Cara melakukannya cukup dengan memposting sebuah konten dengan deskripsi mengenai hadiah yang bisa didapatkan. Orang-orang cukup melakukan RT atau ReTweet dan Follow akun bisnis Anda. Selanjutnya tinggal menunggu pengumuman pemenang. Ide kontes ini cukup ampuh untuk mendapatkan followers baru dan meningkatkan kesadaran bisnis Anda.

  1. Kontes Crowdsourcing

Kontes ini dapat dilakukan dengan cara meminta para konsumen untuk menuangkan ide tentang bisnis Anda. Misalkan warna apa yang cocok untuk produk, atau bahan apa yang sesuai. Anda bisa mengumpulkan semua ide-ide tersebut dan memilih yang terbaik sebagai pemenang. Ide kontes ini cukup baik untuk meningkatkan kesadaran bisnis dan meningkatkan penjualan. Hal ini karena orang akan tertarik untuk mencoba produk baru jika mereka secara pribadi terlibat dalam ide penciptaannya.

  1. Kontes Q & A

Jenis kontes ini membutuhkan sedikit kreativitas dari para followers. Kontes Q&A (Question and Answer) dapat dilakukan dengan meminta followers menjawab pertanyaan menggunakan hashtags tertentu yang Anda buat untuk kontes. Ide kontes ini dapat meningkatkan keterlibatan followers terhadap bisnis Anda.

Membuat Aturan Untuk Kontes Twitter

Pastikan bahwa kontes yang akan dilakukan memenuhi pedoman promosi dari Twitter. Selain itu, Anda harus memiliki aturan tersendiri sehingga orang-orang dapat dengan mudah mengikutinya. Anda dapat memilih untuk memasukkan link mengenai aturan resmi dalam Tweet kontes.  Aturan resmi tersebut juga bisa disebarkan melalui banyak Tweets.

Cara Mengelola Kontes Twitter

Setelah kontes Twitter Anda berjalan, atur data yang didapat seperti banyaknya hashtags kontes atau kata kuncinya. Jika Anda menerima jumlah pengikut yang besar dalam kontes, cobalah untuk terlibat dengan semua orang yang mengikuti kontes. Ini bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti meretweet, ataupun memberi like.

Pastikan pemenang tahu persis bagaimana cara mengklaim hadiahnya. Beberapa perusahaan memilih untuk mengumumkan pemenangnya langsung di Twitter, namun ada sebagian yang tidak. Sebagai alternatif, Anda dapat menghubungi pemenang secara langsung melalui Direct Messages.

Cara Mengukur Keberhasilan Kontes Twitter

Dalam mengukur keberhasilan sebuah kontes di Twitter dapat dilakukan dengan bebagai cara. Diantaranya menghitung jumlah orang yang mengikuti kontes, berapa kali hashtags kontes digunakan, jumlah followers baru yang diperoleh, jumlah klik tautan, jumlah retweet dari kontes. Dengan begini Anda bisa mengetahui apakah kontes yang telah dilakukan berhasil dan sesuai dengan tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *