Blog Sidebar, Perlukah?

sidebar

Sidebar merupakan salah satu bagian dari layout blog. Biasanya, pada sebuah blog terdapat satu atau dua sidebar, tapi terkadang tiga atau bahkan empat sidebar sekaligus. Sidebar adalah kolom kecil yang muncul pada sisi kiri, kanan, atau mengapit diantara kolom utama layout blog, yaitu blog post atau halaman blog.

Bagaimana penggunaan sidebar pada blog?

Sidebar blog bisa digunakan untuk beberapa tujuan.

Pertama, sidebar adalah tempat yang tepat untuk menempatkan informasi penting yang dapat diakses oleh pengunjung dengan mudah dan cepat. Tergantung pada aplikasi blogging dan tema atau template yang kamu gunakan, kamu bisa menyesuaikan sidebar blog untuk menampilkan informasi yang sama pada setiap halaman dan post atau informasi yang berbeda berdasarkan pada halaman atau post layout yang berbeda.

Bagian teratas dari sidebar (terutama bagian yang dapat dilihat pengunjung langsung tanpa harus bergulir) adalah bagian paling utama. Oleh karena itu, ini adalah tempat yang baik untuk menempatkan informasi penting. Ini juga tempat yang baik untuk menaruh iklan jika ingin mencoba menghasilkan uang dari blog, karena ini adalah posisi yang paling ideal untuk mendapatkan lebih banyak view. Oleh karena itu, informasi yang kurang penting harus ditempatkan lebih bawah pada sidebar.

Apa saja yang harus dipasang pada sidebar blog?

Kamu bisa memasang apapun yang kamu inginkan pada sidebar blog, tetapi selalu utamakanlah keinginan dan kebutuhan pengunjung untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik. Jika sidebar blogmu dipenuhi dengan puluhan dan puluhan iklan yang tidak relevan dan tidak ada lainnya, pengunjung mungkin akan merasa terganggu dan meninggalkan blogmu.

Sidebar harus bisa meningkatkan pengalaman pengguna di blogmu.

Gunakan sidebar untuk memberikan konten terbaik dengan menawarkan feed untuk posting paling populer atau posting dengan jumlah komentar paling banyak. Jika kamu menggunakan platform blogging seperti WordPress, sangat mudah untuk mengatur widget sesuai keinginan. Jangan lupa, tampilkan arsip blogmu di sidebar, ini cukup berguna karena pengunjung bisa dengan mudah mencari link ke posting lama berdasarkan kategori dan tanggal pada sidebar.

Salah satu hal yang paling banyak terdapat pada sidebar blog adalah ajakan untuk berlangganan RSS feed blog melalui email atau feed reader. Sidebar juga merupakan tempat yang sempurna untuk mengundang orang terhubung di situs jejaring sosial. Sertakan link semua akun media sosialmu seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lainnya pada sidebar. Dengan kata lain , sidebar blog adalah cara yang bagus untuk mempromosikan konten dalam berbagai cara dan untuk meningkatkan pengunjung blog.

Tentu saja, seperti yang telah disebutkan diatas, sidebar juga merupakan tempat yang baik untuk beriklan. Iklan gambar, text link, dan video semua dapat ditampilkan pada sidebar blog. Selain itu, kamu bisa menyertakan video sendiri pada sidebar. Jika kamu memiliki channel YouTube, kamu juga bisa menampilkan video terbaru di sidebar blog dengan link untuk melihat lebih banyak video dari channel YouTubemu.

Ingat, jangan pernah takut untuk berkreasi dengan sidebar blogmu. Meskipun ada beberapa fitur yang mungkin pengunjung berharap menemukannya pada sidebarmu, selalu ada cara untuk bisa menguji elemen baru, bereksperimen dengan penempatan dan formatting, dan seterusnya sampai kamu menemukan perpaduan yang benar-benar tepat antara konten dan layout untuk pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *