5 Startegi Marketing Jitu untuk Toko Online Pemula

strategi marketing

“Branding” atau mempromosikan merek. Setiap produk sudah pasti memiliki brandingnya sendiri-sendiri. Apapun brandingnya, itu adalah salah satu cara atau tindakan untuk memajukan sebuah brand. Dalam e-commerce ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand produk.

1. Logo

Seorang pengusaha sering menghabiskan waktu mereka untuk bekerja pada cara penjualan, sumber produk yang akan dijual, serta belajar dalam masalah pemasaran sebelum mereka meluncurkan sebuah website. Tetapi kebanyakan pengusaha tidak menempatkan banyak waktu pada pembuatan logo mereka. Memang benar logo dapat diubah sewaktu-waktu akan tetapi logo sangat penting untuk menonjolkan desain website Anda. Logo yang menarik akan sangat mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan.

2. Tempatkan logo Anda di semua media

Pernah melihat bagaimana merek besar menempatkan logo mereka? Truk, seragam karyawan, kotak, label, faktur, dll. Alasan mereka sederhana: “Semakin kita sering melihat sesuatu, maka akan menjadi semakin akrab dan dipercaya”. Maka dari itu, Anda harus menempatkan logo anda pada:

a. Semua kemasan dan kotak.

b. Setiap dokumen cetak (faktur, slips packing, kartu survei, kebijkan pengembalian, dll).

c. Sebagai watermark pada semua gambar produk Anda.

d. Sebagai watermark untuk setiap PDF atau dokumen lain.

Ini adalah hal yang sederhana untuk watermark gambar produk dalam jumlah besar.

3. Jual Merchandise Branded di Situs Anda

Ketika orang melihat t-shirt atau topi dengan logo dan bermerek dijual di website Anda, persepsi mereka tentang perusahaan Anda kemungkinan akan berubah. Hal ini karena biasanya konsumen tidak melihat perusahaan yang menjual barang-barang bermerek kecuali perusahaan-perusahaan yang populer. Aturan pemasaran: Dengan menjual barang bermerek di website Anda, memberikan kesan bahwa Anda punya merek yang populer dan terkenal.

4. Kirimi pelanggan Anda sticker, pens, magnet, dll

Pernah mendapatkan item dalam surat dan terkejut ketika mendapatkan sticker yang keren didalamnya? Sticker, Magnet ataupun pena, note yang bermerek dihargai oleh konsumen. Terlebih lagi, tebak apa yang terjadi ketika Anda mengirimi pelanggan pena atupun magnet? Setiap kali mereka menggunakannya, mereka berpikir tentang perusahaan Anda. Semakin mereka berpikir tentang perusahaan Anda, semakin membuat mereka lebih akrab dan percaya terhadap perusahaan Anda.

5. Ikut berkontribusi dalam kelompok tertentu

Salah satu cara terbaik bagi merek untuk terus tumbuh adalah dengan mengidentifikasi diri sendiri dengan brand yang paling kuat. Sementara itu biasanya terbaik untuk menjauh dari polarizing brands (seperti afiliasi politik dan mungkin agama), yang meninggalkan banyak pilihan:

  • Anda dapat mendukung kegiatan amal atau non-profit dengan menjadi sponsor.
  • Anda dapat melibatkan pelanggan dalam dukungan Anda menyumbangkan sebagian hasil dari setiap penjualan untuk kelompok yang Anda sponsori.

Kuncinya tentu saja adalah untuk menjadi otentik. Sebelum Anda menampilkan logo amal pada homepage, adalah ide yang baik untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang kelompok yang Anda bisa.

Ini hanya awal. Jika Anda benar-benar ingin membangun sebuah merek yang hebat, Anda perlu mempelajari perusahaan terkemuka dalam industri tertentu dan melihat apa yang dapat Anda duplikasi. Ini tidak berarti Anda harus mengikuti apa yang dilakukan orang lain, tapi mengikuti jejak mereka adalah ide yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *