3 Strategi dalam Menggunakan Facebook Ads

Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu bisnis dalam bentuk produk/jasa dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut. Kali ini kami akan menjelaskan 3 strategi menggunakan Facebook Ads yang efektif bagi bisnis Anda :

  1. Mengumpulkan Email

Biasanya cukup sulit untuk mendapatkan orang-orang yang mau membeli melalui Facebook Ads untuk pertama kali. Untuk produk atau jasa yang memakan waktu lama dalam penjualannya, maka menggunakan email adalah cara terbaik. Facebook membuat semuanya mudah untuk mengumpulkan leads (prospek) email baru. Misalnya dengan melalui MailChimp, Anda dapat mengirimkan email secara otomatis (seperti mengirim email setiap beberapa hari).  Ini akan membantu membangun kepercayaan dan mengenalkan bisnis Anda secara luas. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka Facebook Ads Manager atau Power Editor. Pada bagian ‘campaign objective’ pilih ‘collect leads for your business’.
  • Buat formulir Anda di Facebook. Pastikan data Anda sesuai dengan yang ada di email. Buatlah yang sederhana, mulai dari nama depan, nama belakang, hingga alamat email.
  • Gunakan Zapier yang secara otomatis mengirimkan email kepada penyedia email seperti MailChimp. Sebelumnya Anda harus mendaftar di Zapier dan menghubungkannya dengan Facebook Anda.
  • Sekarang, pelanggan baru Anda akan secara otomatis dikirim dari Facebook ke daftar email Anda.
  • Selanjutnya, mari kita set up untuk melakukan iklan yang sebenarnya. Buka Facebook Ads Manager atau Power Editor, kemudian pilih ‘collect leads for your business’.
  • Pilih pelanggan yang Anda targetkan.
  • Bagikan iklan yang telah Anda buat, dan lihat email yang datang dari respon pelanggan.
  1. Mengarahkan Pelanggan ke Konten yang dibagikan

Menggunakan Facebook Ads dapat menjangkau pelanggan lebih luas melalui konten yang dibagikan. Konten yang berupa video ada salah satu yang paling berpengaruh. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Buka Google Analytics. Kemudian klik ‘Behavior > Site Content > All Pages’. Anda akan melihat daftar konten Anda yang populer. Pilih salah satu untuk mempromosikannya melalui Facebook Ads.
  • Pertimbangkan untuk memutar konten dengan video singkat yang dapat menarik minat pelanggan.
  • Buka Facebook Ads Manager atau Power Editor. Selanjutnya pilih ‘Get Video Views’. Pilih target pelanggan yang ingin Anda bagikan konten. Kemudian upload video Anda langsung ke Facebook.
  • Lihat respon dari pelanggan mengenai konten yang telah Anda bagikan.
  1. Melakukan Penjualan Langsung

Jika Anda menawarkan produk yang terbaik, maka Anda bisa melakukan penjualan secara langsung melalui Facebook Ads. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Pastikan bahwa Anda yakin orang-orang akan membeli produk secara langsung melalui Facebook Ads.
  • Buka Facebook Ads Manager atau Power Editor. Pilih ‘Create Ad’. Selanjutnya pilih ‘increase conversions on your website’.
  • Facebook akan meminta Anda menentukan jenis konversi yang ingin dilacak seperti mengenai informasi pembayaran dll. Kemudian pilih ‘Purchase’. Anda juga harus menginstal Facebook Pixel di website untuk mengetahui data dari pengunjung yang datang.
  • Selanjutnya buka browser baru dan kunjungi Facebook Pixel yang telah Anda instal. Pixel kemudian akan mengirimkan informasi di Facebook.
  • Buka kembali Facebook Ads Manager dan pilih pelanggan yang ingin ditargetkan. Kemudian buat iklan yang ingin Anda bagikan.
  • Sertakan alasan yang tepat untuk mengajak orang-orang melakukan pembelian secara langsung. Kemudian bagikan iklan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *