3 Langkah Mudah Dalam Membuat Website untuk Bisnis yang Kita Jalankan

Picture Source : Google
Picture Source : Google

Setiap bisnis, tidak peduli sekecil apapun skalanya, tentu akan sangat terbantu dengan adanya website. Membuat sebuah website untuk bisnis kita sendiri, mengembangkan, serta mengelolanya, merupakan hal yang sangat esensial dalam menjalankan sebuah bisnis. Terlebih lagi di era sekarang ini, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mahal, tapi dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut adalah 3 langkah mudah dalam membuat website untuk bisnis yang kita jalankan.

  1. Nama Domain

Nama domain Ini akan menjadi alamat dari website bisnis yang kita buat dan apa yang user harus ketikkan pada kolom pencarian jika ingin mengunjungi website kita. Sebelum memutuskan sebuah nama domain yang akan dipakai, tentunya kita harus selalu memeriksa apakah nama domain yang akan kita pakai sudah diklaim oleh orang lain atau belum.

Kita dapat mencari dan mendaftarkan nama domain kita pada sebuah perusahaan web hosting, seperti contohnya www.123-reg.co.uk, www.fasthosts.com, atau www.godaddy.com. Tentukan akhiran pada akhir nama website yang akan kita buat. Yang paling umum (dan biasanya yang paling mahal) adalah .com. Namun masih ada banyak alternatif lain seperti .co.id dan .net, tergantung pada jumlah biaya yang kita alokasikan.

  1. Membangun Sebuah Website

Pada tahapan ini, kita bisa melakukannya sendiri ataupun menggunakan jasa perusahaan profesional untuk melakukannya. Do It Yourself (DIY) website sebagian besar mengambil template yang banyak tersedia secara gratis dari internet. Namun metode ini memiliki keterbatasan dalam hal kustomisasi. Alternatif lainnya, kita bisa menggunakan jasa sebuah perusahaan web untuk membangun dan mendesain website sementara kita berfokus pada aspek lain dari bisnis yang kita jalankan.

Membangun dan mendesain web merupakan dua skill yang berbeda. Sebuah perusahaan web yang baik akan menggunakan keterampilan dari desainer grafis dan desainer web yang handal untuk menjalankan fungsi tersebut. Chris Winstanley dari BaseKit mengatakan: “Anda dapat membayar mulai dari beberapa ratus pound hingga puluhan ribu pound untuk sebuah desain web. Tergantung pada jumlah halaman, kompleksitas, fungsi dan apakah si desainer juga melakukan pengkodean pada sebuah website atau tidak”.

Ketika memilih sebuah perusahaan web, selalu meminta rekomendasi dari orang yang lebih berpengalaman atau mencari sendiri perusahaan web yang kita suka dengan melihat profil, portfolio, serta kecocokan terhadap konsep website yang akan kita buat. Melakukan pengkodean ke dalam HTML dan CSS akan lebih baik bagi website yang kita buat. Beberapa builder website kebanyakan masih menggunakan Flash, sedangkan beberapa produk rilisan Apple seperti iPhone dan iPad tidak kompatibel dengan cara tersebut, sehingga membuat mesin pencari akan menemukan kesulitan dalam melakukan pencarian terhadap website tersebut.

  1. Hosting

Sebuah website harus di-‘host’-kan pada sebuah web server untuk membuatnya tersedia di internet. Hosting sendiri meliputi housing, pelayanan, dan maintainenance seluruh data pada website, sehingga pengunjung bisa melihat konten dari sebuah website. Beberapa perusahaan telah memiliki fasilitas hosting mereka sendiri, tetapi sebagian besar hanya bertindak sebagai reseller untuk sebuah perusahaan hosting yang lebih besar, seperti Heart Internet atau www.fasthosts.com. Suatu jenis hosting akan bekerja dengan kemampuan terbaiknya tergantung pada sejumlah faktor, seperti volume traffic yang kita harapkan (bandwidth) serta apakah website yang kita buat berisi banyak gambar atau video.

  1. Mendapatkan Pengunjung untuk Website yang Kita Buat

Setelah sebuah website selesai dibuat dan siap dijalankan, ada berbagai cara untuk menarik orang agar mengunjungi website yang kita buat. Pastikan kita mencantumkan URL kita ke dalam semua materi pemasaran yang kita buat, seperti pada kop surat, email signature, kartu nama, flyer, social media, kendaraan perusahaan, dan seluruh tools promosi lainnya.

Kesimpulan dari artikel ini adalah, memiliki sebuah website untuk bisnis yang kita jalankan sudah menjadi hal yang sangat penting, bahkan suatu keharusan jika kita ingin bisnis kita dapat terus berkembang. Semakin cepatnya perkembangan teknologi dan perilaku orang-orang yang hampir tidak bisa lepas dari gadget mereka, menuntut kita untuk tetap bisa selalu ‘dekat’ dengan mereka melalui website yang kita buat. Saat ini, membuat website bukan lagi perkara sulit. Jadi tunggu apalagi? Buat semenarik mungkin website Anda dan bisnis Anda akan dapat terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *