3 Cara Paling Mudah Menghasilkan Uang dari Blogging

rsz_blogging_tools

Apa hubungan antara menghasilkan uang dari blogging, marketing media sosial, dan dari kegiatanmu sehari-hari? Setelah krisis moneter tahun 1998, hingga saat ini masih sangat banyak orang yang bisa benar-benar memulihkan perekonomian mereka dan benar-benar memenuhi kebutuhan. Sangat sedikit yang bisa benar-benar mengandalkan pekerjaan yang stabil dan tahan lama, dan bagi mereka yang beruntung, pendapatan dan keuntungan (jika ada) masih tetap pas-pasan untuk bisa hidup.

Pernah terpikir untuk melakukan pekerjaan tambahan?

Kehadiran internet membuat blogging menjadi sangat mainstream, yang saat ini jumlah blog user aktif tidak kurang berjumlah setengah triliun! Oleh karena itu, peluang untuk meraup keuntungan melalui blog juga tentunya semakin tinggi. Jika kamu baru dalam dunia blogging, atau baru saja memulai blogmu, selamat! Ingatlah untuk selalu membuat konten-konten yang bermanfaat bagi usermu, karena dengan begitu kamu bisa mendapat ‘gelar’ expert yang nantinya akan berguna di masa depan. Namun bagaimanapun juga, tidak ada yang salah dengan mencoba peruntungan melalui blogging, dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Google Adsense

Google Adsense mungkin adalah cara tercepat dan termudah terutama bagi pemula untuk mulai mendapat penghasilan dari blog. Sesuai namanya, Adsense adalah contextual advertising network yang menempatkan iklan partner (bisnis) dalam websitemu. Sangat mudah untuk dipasang, hanya dengan beberapa copy-paste dari beberapa kode Adsense dan selesai! Google Adsense adalah salah satu jaringan terbesar dalam Web, jadi kamu bisa mendapatkan situs click-able yang cukup ‘sehat’ untuk menarik pembacamu. Cukup pastikan bahwa konten yang kamu buat berkualitas. Selain itu kamu juga bisa mencoba marketing afiliasi karena merupakan cara cepat untuk membuat pendapatan online pasif yang viral.

2. Amazon Associates

Amazon Associates adalah program afiliasi in-house yang dijalankan oleh Amazon.com, salah satu online retailer terbesar di dunia. Mereka menawarkan peluang untuk mendapat komisi hingga 8,5% dengan mengiklankan produk Amazon di websitemu, yaitu dengan memberikan tombol klik dalam blogmu yang terhubung dengan website Amazon. Associates sangat cocok bagi para blogger yang menulis tentang merchandising dan produk retail. Associates mampu meningkatkan performa terutama jika visitor yang mengunjungi websitemu sudah berniat untuk melakukan pembelian.

3. Membuat E-books dan Produk Informasi

Ngeblog secara rutin menjadi bentuk latihan yang ideal untuk pembuatan e-book, selain menjadi salah satu bentuk paling populer dari produk informasi yang dijual oleh entrepreneur online saat ini. Anggaplah blogmu sebagai pusat informasi “gratis” yang kamu tawarkan kepada pembaca untuk mendemonstrasikan keahlianmu. Seiring berjalannya waktu, pembaca setiamu akan menjadi fans dan siap menerima materi yang lebih dalam. Masa ini adalah peluangmu untuk menghasilkan uang, yaitu dengan mempersembahkan e-bookmu yang dijual selain konten gratismu dalam blog.

Pastikan kamu tidak hanya mengulang konten yang ada di blogmu ke dalam e-book. Mereka tidak akan menyukainya! Bagaimanapun juga, saat ini mereka adalah pelanggan berbayarmu yang tidak ingin melihat ulang informasi lama yang sudah mereka baca. Tahap selanjutnya kamu bisa mencaritahu topik apa yang mereka sukai dan ingin ketahui lebih lanjut. Dengan membuat e-book dengan topik yang sesuai dengan kebutuhan/keinginan pasar maka peluang meraup keuntungan juga meningkat.

Blogging bisa dibilang merupakan alternatif bisnis yang sangat mudah dan fleksibel. Kamu bisa mengerjakannya di mana dan kapan saja tanpa harus ‘ngantor’, memakai seragam, serta memiliki jam kerja yang tidak dinamis. Beberapa poin di atas bisa kamu coba jika ingin menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan pekerjaan tetap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *