10 Tips Kreatif Meningkatkan Traffic Blog Dengan Google+

google+

Google+ merupakan situs jejaring sosial yang tumbuh paling pesat. Google+ adalah platform yang sempurna untuk terhubung dengan orang di seluruh dunia, membangun hubungan, dan mengarahkan pembaca ke blogmu. Berikut adalah 10 tips yang bisa kamu gunakan untuk membantu meningkatkan traffic blog dengan Google+.

1. Buat profil lengkap atau halaman Google+

Jika blog dapat dikategorikan sebagai bisnis atau merek, kamu bisa membuat halaman Google+ Page untuk blogmu. Jika tidak, gunakan profil Google+ pribadi untuk terhubung dengan audiens blogmu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat profil yang komprehensif atau halaman Google+ yang lengkap yang bisa menggambarkan siapa kamu, apa keahlianmu, bagaimana menemukan blogmu, blogmu tentang apa, dan apa yang membuat blogmu istimewa.

2. Terhubung dengan orang

Setelah membuat profil Google+ atau Halaman Google+, kamu membangun hubungan dengan anggota Google+ lainnya. Pertama, cari orang yang kamu kenal. Kemudian lihat melalui orang-orang yang mereka ikuti untuk menemukan orang yang lebih menarik untuk diikuti. Ketika kamu menghabiskan waktu di blog dan web sosial lainnya, cari link untuk bisa terhubung dengan orang yang menarik di Google+.

3. Buat lingkaran (circles)

Berikutnya, kamu harus membuat lingkaran (circles) untuk mengkategorikan koneksi Google+mu dan kemudian menempatkan orang ke dalam lingkaran yang tepat. Misalnya, membuat lingkaran untuk pembaca blogmu, sumber posting blogmu, orang-orang yang berpengaruh/influence, orang-orang yang bisa membantumu mempromosikan blog atau mempublikasikannya, dan sebagainya.

4. Kirim pesan tertarget

Ketika kamu update status di Google+, kamu bisa memilih lingkaran mana untuk berbagi update, dengan begitu audiens akan mendapatkan pesan yang tepat. Ini adalah salah satu fitur yang hebat, karena bisa memastikan bahwa orang tidak akan menerima update jika kamu tidak ingin mereka melihatnya.

5. Publish konten yang menarik

Jangan hanya mempublish link posting blogmu berung-ulang. Itu bisa membuat pengguna lain bosan dan akan dianggap sebagai promosi yang berlebihan. Google+ stream harus berisi update-update yang menarik dan berguna untuk audiens, bukan spam. Oleh karena itu, mempublish dan berbagi update link yang menarik akan membuat audiensmu menemukan nilai tambah dan menghargai ketika mereka melihatnya.

6. Buat Sparks

Buat sparks untuk melacak kata kunci yang terkait dengan topik blogmu dan masuk ke dalam percakapan yang relevan. Berbagi konten dan update dengan orang lain yang terkait dengan topik blogmu yang bisa dinikmati oleh audiens, dan mencari orang-orang baru untuk terhubung denganmu di Google+ dan blog.

7. Hangouts

Hangouts Google+ merupakan video chatting yang bisa menampung hingga 10 anggota Google+. Kamu bisa meng-host hangout dan mempromosikannya sebagai virtual webinar kecil atau untuk berbagi tutorial. Pikirkan bagaimana kamu bisa mengikat sesi video chat dengan topik blogmu dan jenis informasi berharga yang bisa kamu bagikan ke dalam sesi tersebut. Kemudian mempromosikannya di blogmu sebagai acara khusus.

8. Host Huddles

Alih-alih memegang tweet chatting di Twitter, kamu bisa mengadakan Google+ Huddles, yang merupakan teks chat antara anggota Google+. Sebagai contoh, kamu bisa mempromosikan Google+ Huddle mu di blog sebagai sesi tanya jawab antara grup kecil.

9. Integrasikan dan Cross-Promote

Menggunakan ikon media sosial, Facebook social plugin, Twitter widget, dan sebagainya untuk mengintegrasikan upaya pemasaran blog dan cross-promote konten. Berikan banyak cara untuk orang menemukan blogmu dan berinteraksi denganmu.

10. Aktif

Update Google+ stream dengan konten baru dan fresh, dan pastikan juga untuk saling berbalas komentar dari sesama anggota Google+ lainnya. Semakin terlihat aktif, orang-orang mungkin akan lebih mengingat siapa kamu, mengenali tentang blogmu dan mengklik untuk membaca postinganmu.

Itulah 10 tips jitu untuk meningkatkan traffic blog dengan Google+. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *